MMSMKN1AA

Cara Menambahkan Texture Pada 3DS MAX 6

Posted on: Mei 28, 2011

Di artikel ini akan menerangkan tentang penambahan Texture pada 3DS MAX 6 . Penambahan Texture ini bisa di gunakan untuk menambahkan warna transparan dan warna lain sebagainya . Warna yang digunakan di sini untuk memberi effect warna seperti kaca alat . Di atikel ini akan memberikan contoh sebuah mangkuk di beri texture seperti kaca . Berikut ini adalah cara-cara nya :


1. LANGKAH PERTAMA
Pertama-tama kita buat mangkuk . Memebuat mangkuk sangatlah mudah . Pertama kita buka software 3DS MAX 6 . Setelah terbuka kita klik jendela pada bagian Left , lalu pilih Min/Max Toggle agar kita bisa secara leluasa membuka jendela left. Kita pilih Jendela Left, karena jendela left lebih mudah cara pembuatan mangkuk , juga karena kita bisa lebih mudah menggunakan sisi dari left/samping .

clip_image002
2. LANGKAH KEDUA Setelah itu klik Shapes agar kita bisa memilih Line untuk membuat garis awal pada pembuatan mangkuk . Setelah kita pilih Shapes lalu pilih Line , buat garis seperti yang ada pada gambar di bawah untuk bentuk awal dari pembuatan sebuah mangkuk .
 clip_image004
3. LANGKAH KETIGA Setelah di buat garis seperti gambar di atas lalu kita pilih Modify berikutnya kita pilih Vertex agar kita bisa membengkokan garis yang akan kita bengkokan agar kita bisa membuat sebuah garis dasar mangkuk .
 clip_image006
4. LANGKAH KEEMPAT Pada saat kita sudah memilih Vertex kita klik kanan di titik garis Vertex . Setelah itu pilih Bezier Corner . Di situ terdapat dua Bezier yang pertama hanya Bezier saja dan yang ke dua ada Bezier Corner . Kita memilih Bezier Corner karena agar keluar dua titik garis yang akan kita bengkokkan . Jika kita memilih Bezier saja akan keluar satu titik garis , agar mempercepat pakerjaan kita pilih Bezier Corner .
 clip_image008
5. LANGKAH KELIMA Setelah keluar dua titik garis kita tarik titik pertama kea rah kanan , setelah terlihat bengkok kita tarik titik yang ke dua dan kita perkirakan saja sejajar tapi jangan kita tempelkan sejajar dengan titik bengkokkan yang pertama .
 clip_image010
6. LANGKAH KEENAM Kemudian kita pilih Min/Max Toggle lagi setelah itu Modify lalu pilih effect Lathe . Setelah itu kita pilih kotak “Y” lalu pilih kotak “MIN” .

clip_image012
7. LANGKAH KETUJUH
Kemudian kita pilih Mesh Smooth agar tampak halus kita atur interation nya .

clip_image014
8. LANGKAH KEDELAPAN Setelah membentuk sebuah mangkuk pilih model jendela Prespective . Berikutnya kita klik huruf “M” atau pili Material Edtior agar kita bisa member effect seperti kaca. Berikut ini adalah gambar sekaligus carannya :

clip_image016
9. LANGKAH KESEMBILAN Sehabis itu drag atau geser effect yang sudah di beri warna ke Mangkuk yang sudah di buat . Terlebih dahulu kita putar arah pandang kita menggunakan Arc Rotate , lalu beri latar Background agar terlihat . Kemudian beri Effect Shell agar terlihat tebal , tetapi kita harus mengatur ketebalannya dahulu dan inilah gambar sekaligus carnnya :
 clip_image018
10. LANGKAH KESEPULUH Kemudian Render agar dapat mengetahui hasil nya .

clip_image020

Selamat Mencoba Semoga Berhasil ya sobat… semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua.. mohon maaf bila ada kesalahan.. jangan lupa untuk berkomentar ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: