MMSMKN1AA

Monitor Tidak Nyala CPU Hidup

Posted on: April 21, 2011

Sudah seminggu ini saya tidak menggunakan PC (Personal Computer) karena monitornya tidak bisa nyala. Lampu power monitornya sih ON warna orange (monitor saya LG Flatron T 710 SH). Lalu saya coba cek apakah masalahnya dikabel monitor atau di VGAnya dengan cara mencolokkan kabel monitor ke konektor VGA laptop saya. Dan ternyata keluar gambarnya. Berarti masalah ada di VGA komputer saya (NVIDIA G-Force).
Selanjutnya hari ini saya coba cek VGAnya. Dugaan awal mungkin dikarenakan soketnya kotor. Ini pengalaman waktu service komputer punya teman dulu. Dan ternyata BENAR… Soketnya kotor. Saya lepas VGA cardnya, lalu saya bersihkan dengan obeng pada pita-pita tembaganya, lalu saya pasang lagi ke motherboard dan akhirnya nyala juga.
Jadi jika teman-teman punya problem dengan komputer yang tidak bisa nyala, coba deh cek dulu dengan menggunakan komputer lain apakah monitornya bisa keluar gambarnya apa ga. Jika tidak keluar, berarti problem kemungkinan besar dikarenakan VGA cardnya kotor sehingga perlu dibersihkan. Cara membersihkan cukup digores-gores pakai silet atau cutter pada bagian lempeng tembaga yang terhubung dengan soket motherboard. Lalu pasang kembali dan On-kan komputernya. Semoga berhasil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: